PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS III PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.89Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Model Scramble, Bahasa IndonesiaAbstrak
Riset ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran scramble. Riset ini merupakan penelitian dengan desain penelitian non-equivalent control group design, dan penelitian kuantitatif berbentuk quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN 18 Lembah Melintang, Pasaman Barat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 18 Lembah Melintang tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas IIIA dan 26 siswa kelas IIIB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah “saturated sampling”. Teknologi analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif untuk membandingkan skor rata-rata angket akhir pada Skala Motivasi Belajar dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata angket akhir untuk kelas kontrol adalah 97, sedangkan rata-rata untuk kelas eksperimen adalah 99. Hasil analisis independent t-test diatas dapat diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mode pembelajaran Scramble akan mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas III SDN 18 Lembah Melintang, sehingga guru harus dapat menggunakan mode pembelajaran scramble untuk menyampaikan pembelajaran, karena mode pembelajaran ini sudah terbukti untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa.
Referensi
Alyusfitri, R. (2020). PERANANAN MOTIVASI DAN KREATIFITAS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 77-85.
Amni Fauziah, Asih Rosnaningsih, S. A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD, 4(1), 47–53. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V5i3.6490
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Cahyani, N. P., & Eska, W. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Saintifik Pada Materi Iklan Untuk Siswa Kelas V Sdn 20 Talawi Kecamatan Koto Xi Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 38-44.
Enjoni, E., & Febriyanto, F. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 64-76.
Hamdani. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Istarani, 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574Pratiwiuniversitas, N. K. (2015). MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SMK KESEHATAN DI KOTA TANGERANG. In Jurnal Pujangga (Vol. 1, Issue 2). http://www.kajianpustaka.com/2012/11/definisi-fungsi-dan-bentuk-
Sanjaya, wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Sembiring, A. B., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(5), 4076-4084.
Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Jurnal Basicedu. Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar, 5(1), 102–109.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. In Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpuan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV (1), 68–79.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.