ANALISIS PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pelaksanaan Asesmen, Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Sekolah DasarAbstrak
Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berkembang pesat saat ini, harus diakui memberi dampak bagi segala aspek kehidupan manusia tidak terkecuali bagi dunia pendidikan, sehinnga pelaksanaan dari Asesmen Nasional menggunakan sistem berbasis komputer disebut dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Puger telah menerapkan asesmen nasional berbasis computer (ANBK), kesiapan sekolah dimulai dari persiapan, pelaksanaan dan proses pelaksanaan. Dalam pelaksanaan terdapat beberapa kendala yang dihapi diantaranya, kurangnya sarana prasarana, jaringan yang tidak memadai dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi soal ANBK. Terdapat sosulsi dalam mengatasi masalah tersebut yaitu guru meminjamkan laptop untuk kekurangan computer di sekolah, penambahan wifi di sekolah agar sinyal stabil ketika pelaksanaan ANBK dan pihak sekolah mengadakan pelajaran tambahan diluar jam pelajaran sekolah yang membahas tentang soal-soal AKM serta pihak sekolah juga mengembangkan inovasi sapa litersi (sambut pagi literasi).
Referensi
Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate | Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI). (t.t.). Diambil 14 Desember 2023, dari https://ejournal.alhafiindonesia.co.id/index.php/JOUPI/article/view/78
Anih, E. (2016). MODERNISASI PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MEMASUKI ABAD 21. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.35706/judika.v4i2.391
Bintang, F. S. (2022). Analisis pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berbasis komputer untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Tarbiyatul Falah [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/35411/
Budiana, H. R.-, Sjafirah, N. a.-, & Bakti, I.-. (2015). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN BAGI PARA GURU SMPN 2 KAWALI DESA CITEUREUP KABUPATEN CIAMIS. Dharmakarya?: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v4i1.9042
Firdaus, A. M., & Hadaming, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), 172–192.
Hildegardis, C., Soludale, A. M. N., Wara, F. A., & Tandafatu, M. C. (2022). Pendampingan Siswa dalam Penggunaan Perangkat Komputer Persiapan ANBK SDK Maumere 2 Kabupaten Sikka. Cendekia?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.32503/cendekia.v4i2.2480
Huda, I. A. (2020). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622
INDAH, R. (2022). PROBLEMATIKA TENAGA KEPENDIDIKAN DAN PENDIDIK DALAM MENGATASI ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) TAHUN 2021 DI SDIT AL-AHSAN SUKARAJA SELUMA [Diploma, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9697/
Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372
Maghfirah, S. N., Firdaus, A. M., & Hadaming, H. (2023). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Terhadap Literasi dan Numerasi Siswa Kelas V di SDN Ganrang Jawa 1 dan SDI Teamate. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(3), Article 3.
Mamis, S. (2017). Analisis Pengelolaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Tesis, Universitas Hasnuddin Makassar.
Manguni, D. W. (2022). Analisis Pengelolaan Sarana Prasarana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021 Di SD Negeri Sukomulyo Sleman. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 19–28.
Setiyowati, H., Suryati, E., & Rina, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Di Madrasah Ibtidayah Negeri 9 Hulu Sungai Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1086
Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. P., Revisi, P. K. E., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.
Yanti, L. R., Antosa, Z., & Adiputra, M. J. (2020). ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7850
Yulianto, A. (2020). Computerized Adaptive Testing (CAT) bukan sekedar online testing. Buletin KPIN, 6, 23.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.