PERAN GURU DALAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.142Kata Kunci:
the role of the teacher, national anthem, love of the homelandAbstrak
Lagu-lagu dengan lirik perjuangan, terutama perjuangan suatu bangsa wajib untuk dihafalkan oleh seluruh siswa di sekolah. Lagu wajib nasional merupakan lagu-lagu yang diakui keabsahanya secara resmi dan menjadi simbol bagi suatu Negara. Lagu nasional juga merupakan salah satu identitas nasional yang mampu meningkatkan rasa cinta akan tanah air yaitu Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembiasaan menyanyikan lagu nasional dalam meningkatkan rasa cinta tanah air pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa sekolah dasar. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan menggunakan teknik tringulasi. Hasil penelitian : pertama, guru memiliki peran dalam pembiasaan siswa menyanyikan lagu nasional. Kedua, lagu nasional memiliki peran dalam meningkatkan rasa cinta tanah air siswa. Ketiga, adanya hambatan guru dalam pembiasaan siswa dalam menyanyika lagu nasioanl diantaranya dengan banyaknya siswa tidak hafal akan lirik lagu dan nada dari lagu nasional serta kurang seriusnya siswa ketika menyanyikan lagu nasional membuat guru lebih kreatif dalam membiasakan siswa menyanyikan lagu nasional. Berdasarkan hal tersebut maka peran guru dalam pembiasaan siswa menyanyikan lagu nasional dapat meningkatkan rasa cinta tanah air pada siswa.
Referensi
Abdillah, W. (2018. (2018). No Title. Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi: Permodelan Teoritis, Pengukuran Dan Pengujian Statistis., 2.
Astuti, R. D., & Iftadi, I. (2016. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Kerja.
AZIZAH, A. A. N. (2019). (2019). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI BUSTANUL ATHFAL (BA) AISYIYAH MANGUNEGARA. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 4, 59–66.
Desyandri Desyandri. (2015). Nilai-nilai Edukatif Lagu-lagu Minang Untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(2), 126–141.
Diren Agasi, Nur Azmi Alwi, Y. M. (2021). IMPROVING STUDENTS ’ INDONESIAN LEARNING OUTCOMES USING POWTOON MEDIA IN 4 th GRADE ELEMENTARY SCHOOL MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON DI KELAS IV SEKOLAH. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 38–44.
Fauzi, R., & Kom, M. (2017). (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA PADA MATERI POKOK POLITIK ETIS DI KELAS XI TKR SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN Oleh: TUKMA ELISA RAMBE. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 1, 1847.
Gultom, J. J. (2010). (2010). Pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar. Jurnal Bahasa, 3.
Gultom, R. (2022). (2022). PENGARUH DISIPLIN, KARAKTERISTIK PEKERJA DAN KOMPETENSI SDM TERHADAP KINERJA PEGAWAI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTANADI KOTA SIBOLGA. Jurnal Akrab Juara, 7, 116–129.
Hobsbawm, E. J., & Kertzer, D. J. (1992. (1992). Ethnicity and nationalism in Europe today. Anthropology today. 8, 3–8.
Hutagaol, Y. R., Prabowo, Z. R., Pradanto, M. R., & Jatmika, O. B. (2021). Lagu Nasional: Sarana Retorika Ideologi Kebangsaan. Journal of Music Science, Technology, and Industry, 4(1), 1–11. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/jomsti/article/view/1376
Kewuel, H. K. (2014. (2014). Sistem Pendidikan Nasional dan Kurikulum dalam Perspektif Filsafat Antropologi, Erudio journal of Educational Innovation. 2(49–59).
Kharisna, F., Alwi, N. A., Perdana, A. S., & Padang, U. N. (2021). the Effect of Using the Scramble Learning Model on the Learning Motivation of Third Grade Elementary School Students Learning Indonesian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Kelas. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 20–27.
Putri, E. N. D., & Desyandri, D. (2019). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 233–236. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.52
Septiana, V. W., Pratiwi, S. H., Rozalina, F., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Barat, S. (2021). CORRELATION OF INTEREST WITH STUDENTS ’ LEARNING OUTCOMES INIPA LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 45–52.
Siswanti. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis project based learning bagi peserta didik kelas IV.
Yati, N., Fitri Silvia Sofyan, & Nadya Putri Saylendra. (2020). Peran guru membiasakan menyanyikan lagu nasional sebagai upaya pembentukan nasionalisme siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 117–121. https://doi.org/10.36805/civics.v5i2.1338
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.