KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.122Kata Kunci:
Kebijakan, Pendidikan, Sekolah Dasar, Covid-19Abstrak
Kegiatan belajar dan pembelajaran apapun situasi yang melanda suatu daerah disatuan pendidikan tertentu haruslah tetap dilanjutkan dan terlakasana bagi semua siswa seperti wabah pandemic covid-19 saat ini. Majunya taraf hidup pada suatu negara tergantung pada tingkat pendidikan yang maju, dimana tingkat pendidikan yang sangat berkualitas akan membentuk generasi yang cakap serta terampil dalam menghadapi tantangan global saat ini. Situasi saat ini yang diakibatkan oleh penyebaran covid-19 yang sangat masih diseluruh dunia menyebabkan perubahan yang terjadi pada kehidupan tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang pada hakekatnya belajar itu menerapkan sistem pertemuan lansung atau tatap muka di sekolah, sekarang menjadi proses pembelajaran yang mengharuskan siswa belajar dari rumah melalui platform digital dan sebagainya. Situasi yang terjadi saat ini menyebabkan semua pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan harus menggunakan model ataupun metode pembelajaran yang tepat sehingga tujuan dari pembelajaran itu tetap terlaksana walaupun pembelajaran dilakukan secara tidak lansung disekolah. Penelitian yang dikembangkan ini memiliki tujuan dalam pengkajian mengenai bagaimana kebijakan pendidikan di sekolah dasar pada masa pandemic covid-19. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah metode kualitatif deskriptif yang sumber datanya didapatkan melalui studi dokumentasi serta studi pustaka. Dari penelitian yang dilakukan ini maka diperoleh hasil bahwa kebijakan pendidikan disekolah dasar pada masa covid-19 bisa diterapkan dua metode yaitu metode pembelajaran secara daring dan metode pembelajaran secara luring dengan pembatasan yang ketat.
Kata kunci: Kebijakan, Pendidikan, Sekolah Dasar, Covid-19
Referensi
Aulia, W., & Miboy, A. (2021). Our Three Solutions In Learning During Pandemic At Sdn 01 Benteng Pasar Bukittinggi City Tiga Solusi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 28–37.
Burhanuddin. (2022). Tantangan Pembelajaran Daring,Luringdan Tatap Muka Terbatasdimasa Pandemi Covid1. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 66–75.
Diren Agasi, Nur Azmi Alwi, Y. M. (2021). Improving Students ’ Indonesian Learning Outcomes Using Powtoon Media In 4 Th Grade Elementary School Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Menggunakan Media Powtoon Di Kelas Iv Sekolah. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 38–44.
Fajrussalam, H., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Bulletin Of Science Education. Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Education Research, 2(1), 44–46. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i1.45
Kebudayaan, Kementrian Pendidikan Dan. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. 300.
Khadijah, I. (2021). The Competency Of Science Teachers In Implementation Of Online Learning In Covid-19 Pandemic Period At Smpn 2 Kramatwatu. Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Marsen, C., Fimala, Y., & Gistituati, N. (2021). Manajemen Kelas Virtual Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1600–1604.
Nurina, A. I., & Khamid, A. (2021). Parenting For Mother’s Careers For Children During Covid-19 In Islamic Education (Pola Asuh Ibu Karir Pada Anak Dimasa Wabah Pandemi Covid-19 Dalam Pendidikan Agama Islam (Pai). Bulletin Of Science Education, 1(1), 60–67.
Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran Dengan Model Blended Learning Pada Sekolah Dasar Di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 22(1), 52–68. Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Analytica/Article/View/8413
Rafsanjani, A. I. (2019). Kebijakan Pendidikan Di Era New Normal. 45(45), 95–98.
Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan Lms (Learning Management System) Berbasis Web Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Dan Karakter Siswa. Scientific Journal Of Informatics, 1(2), 127–137. Https://Doi.Org/10.15294/Sji.V1i2.4019
Zulfa Amrina, Arlina Yuza, S. G. S. (2021). Analisis Dampak Pelaksanaan Program Mbkm Terhadap Tenaga Pendidik Di Prodi Pgsd Fkip Universitas Bung Hatta Dalam Menghasilkan Lulusan Yang Tangguh Bersaing Di Era Global. Jurnal Cerdas Proklamator, 19(1), 1–9.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.