PERANANAN MOTIVASI DAN KREATIFITAS SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.61Keywords:
Pembelajaran Online, Motivasi, KeratifitasAbstract
Pada masa pandemi ini, system pendidikan Indonesia mengalihkan proses pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Pembelajaran online sangat dipengaruhi oleh motivsi dan kreatifitas siswa. Rendahnya motivasi siswa khususnya siswa tingkat sekolah dasar akan membuat siswa menjadi monoton sehingga menyebabkan siswa tidak dapat mengembangkan kreatifitas belajarnya. Karena itu, guru adalah faktor penentun keberhasilan pada pembelajaran online, dimana guru diharuskan dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, memanfaatkan penggunaan media seperti membuat media animasi yang menjadikan siswa SD tertatik dalam pembelajaran.Selain itu, guru dapat membuat pembelajaran berbasis proyekserta mengikutsetakan siswa dalam mengerjakan tugas dirumah. Oleh karena itu, dengan kreatifitas akan menimbukan semangat dan motivasi dalam proses pembelajaran dalam hal ini pembelajaran online.
References
Dabbagh, A and Ritland B,B .(2005).Online Learning, Concept, Strategies and application. Ohio Pearson.
Cahyani, dhetya, Iin Diah Listiana,Sari Puteri Deta Larasati. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam.Volume 3 No. 01 2020, p. 123-140 .ISSN: 2338-4131 (Print) 2715-4793 (Online).DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Erikasari.2019.Peranan Motivasi dan Kreativitas dalam Proses Belajar dan Pembelajaran . E-Tech Volume 07 Number 02 2019 ISSN: Print 2541-3600– Online2621-7759 . https://DOI: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.
Fadlilah, Azizah Nurul.2021. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini . ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). Volume 5 Issue 1 (2021) Pages 373-384. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.548.
Ibrahim, A. M. (2020, April 26). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian dan Kebijakan Pemerintah Indonesia. Diambil 2 Juni 2020, dari Https://sukabumiupdate.com/ website:https://sukabumiupdate.com/detail/bale-warga/opini/68505-DampakCovid-19-Terhadap-Perekonomian-dan-Kebijakan-Pemerintah-Indonesia.
Marilyn K. Gowing “Measurement of Individual Emotional Competence” dalam Daniel Goleman, Cary Cherniss (ed.). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. (Fransisco: Jossey-Bass, 2001) 88.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasusn Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2).
Noveandini, R., & Wulandari, M. S. (2010). Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Online (E-learning) Bagi Wanita Karir Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Dan Fleksibilitas Pemantauan Kegiatan Belajar Anak Siswa/i Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Petri, H.L. 1981.Motivation: Theory and Research USA: Wadsworth, Inc
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Semiawan, Conny, A.S.Munandar, S.C.Utami Munandar. 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia.
Sukmadinata, Nana Syaodih, 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.