IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TERPADU BERBASIS MODEL IMMERSED UNTUK MENINGKATKAN RESPON PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Negeri Padang
  • Resi Ananda Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Universitas Negeri Padang

Keywords:

Model pembelajaran Immersed, pembelajaran tematik terpadu, respon peserta didik

Abstract

Artikel ini di tulis untuk menggambarkan hasil penelitian yang menjelaskan efektivitas dari implementasi pembelajaran terpadu dengan model Immersed untuk meningkatkan respon belajar Peserta didik di kelas IV sekolah dasar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 50 Kuranji Kota Padang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah pendekatan eksperimen dengan mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, tes kognitif . Pembelajaran model Immersed berorientasi pada minat dan pengalaman peserta didik dalam belajar. Dalam minat ini akan tergambarkan bagaimana respon yang akan diwujudkan oleh anak selama  pembelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan dilakukannya implementasi model immersed terdapat peningkatan respon maupun minat peserta didik untuk belajar. Pelaksanaan dalam pembelajaran menimbulkan respon positif terhadap pembelajaran tematik terpadu dalam kaitannya dengan muatan IPA, PKn, Bahasa Indonesia dan SBdP. Respon dari yang ditunjukkan peserta didik berupa keseriusan anak dalam belajar, sikap percaya diri, perhatiannya untuk mendengarkan guru menjelaskan materi, aktif dalam proses pembelajaran, menggunakan pemahaman yang ada dalam dirinya untuk digunakan selama proses PBM, serta respon maupun sikap lainnya.

References

AM, I. A., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah Sd Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP (Jurnal
Inovasi Pembelajaran), 4(1), 35. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Aristya, P. D., & Dr. Sudati, M. ke. (2013). Pengembangan Model Immersed Pada Mata Kuliah IPA Terpadu Berorientasi Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. 1–9.
Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8, 150–153.
Azkiya, H. (2019). IMPROVEMENT OF INTEREST AND THEMATIC LEARNING OUTCOMES USING THE CLASS I MEDIA STUDENT I CLASS I SDIT NURUL IKHLAS PADANG PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWAKELASI SDIT. Jurnal CERDAS Proklamator, 7(2), 145–150.
Dita Yessi Amalia, J. J. (2022). Transisi Pendidikan Era New Normal: Analisis Penerapan Blended Learning di Sekolah Dasar. JUrnal Basicedu, 6(2), 1618–1628.
Efriyenef, Firna. Fitria, Y. (2021). Penerapan Model ARCS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 151–156. https://doi.org/10.30653/003.202172.189
Elkhaira, U., Padang, U. N., & Padang, U. N. (2020). IMPROVEMENT OF STUDENT LEARNING OUTCOMES IN INTEGRATED THEMATIC LEARNING USING PORTFOLIO LEARNING MODEL IN CLASS V SD PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA. Jurnal CERDAS Proklamator, 8(1), 10–18.
Fitria, Y. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705
Fogarty, R. (1991). How To Integrated The Curricula (J. E. Noblitt (ed.); 6th ed.). IRI/Skylight.
Hendrizal. (2019). MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG EFEKTIF. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 7, No, 168–178.
Hidayah, Ratna & Fajari, L. E. W. (2021). MODUL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN TERPADU IMMERSED & NETWORKED.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Ejournal.Radenintan.Ac.Id, 2, 33–49.
Indriyani, D., Desyandri, Fitria, Y., & Irdamurni. (2019). Perbedaan Model Chilidern’s Learning In Science (CLIS) dan Model Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Parama Ilmu.
Putra, M. I., Anwar, A., Solichin, M., & Amrulloh, A. (2018). Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI. Dir?s?t: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 91–102. https://scholar.google.com/citations?user=aQShHjEAAAAJ&hl=id
Putra, M. I. S., Anwar, M. A., Solichin, M., & Amrulloh, A. (2013). Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Model Immersed untuk Meningkatkan Respons Belajar Mahasiswa PGMI. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Rahmania, Y. (2017). Pembelajaran terpadu immersed yeni rahmania 20171101065.
Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Development of 2013 Curriculum Integrated Thematic Teaching Materials With A Scientific Approach in Class 1 Elementary School. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 125–131.
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1735
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. AR-RUZZ MEDIA.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syamsudin, S.-, & Safitri, L. (2020). The Integrated Thematic Learning with Immersed Type in Improving Students’ Motivation: Study at MI Tahsinul Akhlak Bahrul Ulum Surabaya. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 160–180. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.160-180
Yolanda Rahmadhani, Y. F. (2020). Pengaruh Model Inkuiri terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Peserta Didik Kelas IVSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 4 N, 2693–2699.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator